Home » Ekonomi & Bisnis » Pilkada Melalui DPRD Bikin IHSG Terpuruk

Pilkada Melalui DPRD Bikin IHSG Terpuruk



Jakarta – Adanya putusan sidang paripurna DPR untuk menghapuskan pemilihan Kepala Daerah secara langsung di sambut negatif pasar saham Indonesia.

Pilkada Melalui DPR Bikin IHSG Terpuruk

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup dengan angka 68,816 poin atau -1,32 persen menjadi 5.132 ,563 pada Jumat (26/9/2014). Merosotnya IHSG ini mnjadikan saham-saham bluechips ikut turun lebih dalam mencapai 1,57 persen.

Menurut analis Abdri Golkis dari Oso Securities, adanya pelemahan ini disebabkan oleh beberpa faktor baik yang eksternal maupun internal. Untuk eksternal diakibatkan oleh konflik yang ada di Ukraina dan data negatif semisal meningkatnya data pengangguran di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk pemicu dari dalam negeri adalah adanya penetapan Rancangan Undang – Undang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) oleh DPR. Hal tersebut direspon negatif oleh para pelaku pasar modal.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa keputusan tersebut juga mempengaruhi pada pelemahan nilai tukar rupiah yang kembali melempem pada level Rp 12.000 per dolar AS.

Perdagangan saham kali ini tercatat ada transaksi sebanyak 225.074 kali dengan saham yang beralih tangan 5,229 miliar. Sedangkan untuk nilai transaksi perdagangan berkisar Rp 6,569 triliun.

Ada 240 emiten yang mengalami koreksi pada bursa saham Indonesia, sedangkan terdapat 64 berjalan ditemapt dan hanya 66 emiten yang mengalami penguatan.

Saham-saham yang mengalami penurunan terbesar adalah PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Tambang Megah Raya Tbk (ITMG), dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). (Arkha Satya – siisdunia.com)