Home » News » Berita RUU Pilkada: Walaupun SBY Tidak Menyetujui, Namun RUU Pilkada Tetap Akan Berjalan

Berita RUU Pilkada: Walaupun SBY Tidak Menyetujui, Namun RUU Pilkada Tetap Akan Berjalan



Jakarta – Sepertinya pengaruh SBY atas berlakunya RUU Pilkada tidak lagi dipersoalkan. Sebab menurut Kemendagri, meskipun SBY tidak menandatangani proses berjalan RUU itu, tetap akan berlangsung sesuai dengan keputusan. Bahkan seharusnya Presiden SBY harus memberikan tanda tangannya, karena ini semua sudah bersifat konstitusional.

Berita RUU Pilkada: Walaupun SBY Tidak Menyetujui, Namun RUU Pilkada Tetap Akan Berjalan

“Tidak ada pengaruh dari Presiden SBY,” kata Kapuspen Kemendagri, Dody Riatmadji pada sisidunia, Minggu (28/9/2014).

Menurut Dody, kedatangan Mendagri Gamawan Fauzi pada rapat paripurna RUU Pilkada, itu sudah merupakan wakil dari tidak hadirnya Presiden SBY. Dalam hasil rapat itu sudah dapat diambil sebuah keputusan bahwa ada kesepakatan antara pemerintahan dengan DPR. Sebab pada saat itu Mendagri ikut serta dalam rapat paripurna.

Justru akan mengakibatkan pertanyaan, jika sampai Presiden menyatakan ketidaksetujuannya, dan tidak mau memberikan tanda tanggany pada hasil keputusan itu.

“Sebab ya itu, RUU Pilkada akan tetap berlaku setelah 30 hari pengesahan,” ujarnya.

Guru Besar Hukum Tata Negara dari UGM, Profesor Denny Indrayana juga memberikan penjelesan, sampai saat ini memang untuk persetujuan RUU dalam sidang paripurna diwakilkan oleh Mendagri, sebab presiden dianggap selalu setuju.

“Tanda tangan Presiden hanya untuk pengesahan saja, namun apabila sampai 30 hari Presiden juga tidak tanda tangan, maka RUU Pilkada juga akan tetap berlaku karena sudah disahkan,” ujar Denny Indrayana.

Saat ini Presiden SBY sedang ada kunjungan ke luar negeri, dan Presiden SBY pun sangat paham dengan amarah masyarakat tentang RUU Pilkada, yang ditujukan pada dirinya.

“Sikap saya tidak akan berubah, meskipun nantinya saya tidak akan lagi menjadi Presiden, saya akan tetap berjuang supaya pilkada dapat dilakukan secara langsung, dengan adanya perbaikan. Ini ajnji saya pada semua rakyat,” kata SBY. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)