Home » News » Pilkada Lewat DPRD, PAN Menganggap Lebih Demokratis

Pilkada Lewat DPRD, PAN Menganggap Lebih Demokratis



Jakarta – Rapat paripurna Rancangan Undang Undang Pilkada kamis (25/9) malam sudah menghasilkan keputusan yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Gubernur, Wali Kota, Bupati) melalui DPRD, kemenangan opsi dua ini sekaligus mementahkan opsi pertama yang menginginkan Pilkada Langsung.

Viva Yoga Mauladi, selaku Ketua DPP PAN, mengaku puas sekali, karena Pilkada lewat DPRD merupakan terobosan terbaik dari Pilkada Langsung. “Ini cara terbaik mengembalikan ruh reformasi,” tegas Viva kepada wartawan pada Jumat (26/9/2014).

Pilkada Lewat DPRD

Viva juga melanjutkan, langkah politik PAN mendukung Pilkada melalui DPRD merupakan langkah perubahan reformasi yang lebih baik lagi, “Ini dalam rangka memperbaiki sistem demokrasi Pancasila. Pemilihan langsung selama ini mengandung banyak penyakit yang bersifat mematikan,” jelas Vina.

Baca Juga:

Dan Pemilihan Kepala Daerah menurut pandangan Vina tidak melanggar prinsip kedaulatan rakyat, “Seringkali pemilihan tidak langsung melalui DPRD dianggap melanggar konstitusi, padahal jelas  dalam UUD 1945 pasal 18 ayat 4, disebutkan kepala daerah dipilih secara demokratis,” tuturnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)