Home » News » Meletusnya Gunung Berapi Ontake di Jepang

Meletusnya Gunung Berapi Ontake di Jepang



Jepang – Beberapa orang pendaki dilaporkan terkubur oleh abu vulkanik setelah meletusnya gunung berapi Ontake yang terletak diwilayah Nagano, Jepang. Berdasarkan lansiran dari JapanTimes, Sabtu (27/09/2014), kejadian bencana alam letusan gunung tersebut berlangsung sekitar pukul 11.53 waktu setempat.

Meletusnya Gunung Berapi Ontake di Jepang

Credit Photo : KYODO

Dan pihak kepolisian Kiso menyatakan, kurang lebih terdapat 8 orang pendaki yang terkubur akibat terkena derasnya semburan abu vulkanik hasil letusan gunung berapi Ontake, Jepang. Tidak hanya itu saja, 250 lainnya dilaporkan masih ada disekitar wilayah gunung terkait tanpa bisa berbuat apapun.

“Gunung meletus pada Sabtu pukul 11.53 pagi (waktu setempat),” ujar petuas kepolisian setempat berdasarkan sumber lansiran. Adapun pihak Badan Meteorologi Jepang menyatakan abu vulkanik dari letusan gunung Ontake mencapai ketinggian 3.067 meter dengan radius 4 km sehingga masyarakat sekitar dalam radius itu diharuskan mengungsi.

Disampaikan pula bahwa meletusnya gunung Ontake menyebabkan jadwal penerbangan harus dibatalkan maupun dialihkan bagi pesawat yang memiliki rute terbang melewati gunung terkait. Dan Shinzo Abe selaku Perdana Menteri Jepang telah menetapkan status darurat tidak lama setelah bencana alam itu terjadi.

Shinzo Abe juga dilaporkan langsung memberi instruksi kepada para petugas yang terkait dengan bencana alam, serta tim SAR setempat untuk langsung bergerak cepat didalam melakukan proses evakuasi masyarakat diwilayah sekitar lokasi kejadian, dan juga para pendaki gunung Ontake. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)