Home » News » Fadli Zon : Kepala Daerah Dipilih Bukan Karena Faktor Uang

Fadli Zon : Kepala Daerah Dipilih Bukan Karena Faktor Uang



Jakarta – Fadli Zon, Wakil Ketua Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menguraikan beberapa kelebihan Pilkada dipilih lewat DPRD, bahkan dirinya juga menjelaskan jika hal ini sudah sangat demokratis dan sesuai dengan yang tertuang di sila pancasilan yang ke-4.

“Artinya, keputusan yang diambil DPR sudah tepat. Ini merupakan kemenangan demokrasi Pancasila dan kemenangan rakyat,” kata Fadli Zon saat ditemui teman-teman wartawan pada Jumat (26/9/2014).

Kepala Daerah Dipilih Bukan Karena Uang

Untuk kedepan nya, seorang Kepala Daerah terpilih akan lebih fokus lagi membenahi pembangunan daerah yang belum terselasaikan, “Era demokrasi liberal di mana kepala daerah dapat terpilih karena faktor uang sudah berakhir,” tandasnya.

Fadli juga menjelaskan, Pilkada melalui DPRD bisa memonitoring politik uang dan ini mempermusah kinerja aparat hukum seperti KPK dan Kepolisian. “Siapapun yang menerima suap akan dapat dideteksi dengan cepat, sehingga demokrasi bisa selamat,” katanya.

Kelebihan lagi dari Pilkada melalui DPRD adalah sebuah partai politik akan mampu membenahi diri dan bisa berpolitik secara sehat, karena hal itu merupakan jalan untuk menuju demokrasi yang kuat.

Baca Juga:

“Peran civil society juga semakin tajam. Masyarakat dapat mengawasi dua hal secara bersamaan yakni anggota DPRD dan Kepala Daerah,” tutupnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)