Home » News » Pengamat : SBY Bapak Pilkada Tidak Langsung

Pengamat : SBY Bapak Pilkada Tidak Langsung



Jakarta – Hasil rapat paripurna DPR yang telah memutuskan Pilkada dikembalikan lagi kepada DPRD ternyata mendapat reaksi dari berbagai pengamat. Salah satunya adalah yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya, Jumat (26/09/2014).
Pengamat : SBY Bapak Pilkada Tidak Langsung
Menurut Yunarto, dirinya tidak percaya sikap walkout yang dilakukan oleh partai Demokrat dini hari tadi (26/09/2014) berbeda dengan sikap politik SBY.

Seperti yang kita ketahui, Presiden SBY pagi tadi menyampaikan rasa kekecewaannya atas walkout yang dilakukan oleh Demokrat. Dalam kesempatan itu pula, SBY akan mengusut siapa dalang aksi walkout tersebut.

Dalam pemaparannya, Yunarto menganggap bahwa sejak awal SBY sudah tidak memiliki komitmen yang kuat dalam memperjuangkan hak pilih langsung oleh rakyat.

Lebih lanjut, Yunarto mengatakan bahwa SBY sebenarnya memiliki kewenangan untuk menarik draft RUU dan memanfaatkan otoritas yang ia miliki. Dan dengan hasil Pilkada yang dikembalikan kepada DPRD, maka hal tersebut bisa menjadi bumerang bagi SBY, dan bukan tidak mungkin, SBY akan dikenal sebagai “Bapak Pilkada Tidak Langsung.”

Masih menurut Yunarto, SBY telah berhasil memainkan panggung sandiwara dini hari tadi. Dan aktor intelektual dibalik kesuksesan mengubah Pilkada langsung menjadi tidak langsung lagi adalah SBY. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)