Home » Ekonomi & Bisnis » Ini Salah Satu Produk Andalan Indonesia Untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN

Ini Salah Satu Produk Andalan Indonesia Untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN



Jakarta – Produk garmen kelihatanya masih akan menjadi komuditas andalan Indonesia untuk memajukan kinerja ekspor sebagai upaya menghadapi pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Ini Salah Satu Produk Andalan Indonesia Untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN

Menurut Nirmala Salli selaku Head of Trade and Receivables Finance HSBC produk garmen dari dulu hingga sekarang menjadi penggerak roda perekonomian Indonesia dan kedepanya sepertinya juga akan memberikan prospek yang baik.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ketika krisis melanda Indonesia, industri garmen dari tahun ketahun malah menunjukan grafik yang positif dan ini bagus untuk kedepanya bagi Indonesia.

Yang lebih menakjubkan, ketika pasar utama ekspor garmen Indonesia Eropa dan Amerika Serikat terjadi krisis. Para industri yang bergelut dibidang ini mampu mengalihkan ke pangsa pasar lokal. Hal ini juga tak lepas dari pendapatan per kapita masyarakat Indonesia yang terus menaik sehingga kebutuhan sandang juga semakin meningkat.

Disisi lain, ada China yang menjadi saingan berat Indonesia di bidang industri garmen ini. Namun seiring dengan perkembangan zaman kelihatanya China lebih memfokuskan kepada produk yang mempunyai harga jual yang lebih tinggi seperti industri elektronik. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan pangsa pasar China bisa diambil oleh Indonesia. (Arkha Satya – sisidunia.com)