Home » News » Berita RUU Pilkada: SBY Kecewa Atas Hasil Putusan Sidang RUU Pilkada

Berita RUU Pilkada: SBY Kecewa Atas Hasil Putusan Sidang RUU Pilkada



Jakarta โ€“ Hasil sidang Paripurna DPR yang berhubungan dengan RUU Pilkada yang telah selesai pada Jumat (26/9) dini hari, mengundang komentar dari Presiden RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Berita RUU Pilkada: SBY Kecewa Atas Hasil Putusan Sidang RUU Pilkada

Bahkan ia mengaku kecewa atas proses dan juga hasil sidang paripurna DPR RI tersebut. Dalam keterangan persnya, Jumat (29/9/2014), saat melawat ke Amerika Serikat, SBY mengungkapkan bahwa ia menghormati hasil putusan dari DPR RI walaupun ia merasa kecewa atas proses dan hasil (sidang RUU Pilkada).

Tidak hanya kecewa, SBY juga telah memerintahkan kepada Dewan Kehormatan Partai untuk segera mengusut siapakah yang menjadi dalang aksi walk out Fraksi Demokrat saat di Paripurna RUU Pilkada tersebut.

Baca juga:
Berita RUU Pilkada: Rapat Paripurna DPR Menghasilkan Mekanisme Pilkada Melalui DPRD
RUU Pilkada: Pilkada Langsung Picu Korupsi Secara Sistematik

Sebagaimana yang diketahui bahwa rapat paripurna RUU Pilkada memang sempat ricuh karena diwarnai aksi walk out Fraksi Partai Demokrat. Bahkan didalam ruang sidang yang saat digelar voting, hanya tersisia enam orang kader Demokrat.

Sebagai informasi bahwa hasil voting terungkap ada sekitar 135 anggota DPR mendukung pilkada secara langsung dan 226 anggota DPR memilih mekanisme pilkada lewat DPRD. Dengan demikian mekanisme pilkada yang selama ini dilangsungkan oleh rakyat nantinya akan dikembalikan lagi ke mekanisme melalui DPRD seperti yang dilakukan pada tahun 2004. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)