Home » Ekonomi & Bisnis » Kementerian Keuangan: Desa Belum Siap Terima Dana Besar

Kementerian Keuangan: Desa Belum Siap Terima Dana Besar



Jakarta-Kementerian keuangan menganggap perangkat desa masih belum siap guna menerima anggaran yang besar untuk saat ini. Oleh karena itu, pemerintah hanya menganggarkan 9 triliun untuk 72.944 desa pada rancangan anggaran tahun depan.

Kementerian Keuangan Desa Belum Siap Terima Dana Besar

Chatib Basri Menteri keuangan beranggapan kesiapan ini terkait sistem pengelolaan akuntansi di masing-masing desa. Hanya terdapat dua kementerian yang dapat memperoleh anggaran dana desa yakni Kementrian Pekerjaan Umum Rp 1,4 triliun dan Kementrian Dalam Negeri senilai Rp 7,6 triliun.

Bisa saja anggaran dana pada desa diperbanyak dengan melibatkan banyak kementerian. Namun menurut Basri pemerintah was-was kepada desa yang belum siap dan rawan penyalahgunaan.

Akan tetapi hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan presiden dan wakil presiden terpilih akan menambah anggaran, kementerian, atau lembaga yang mendapat dana desa. Ini dapat diajukan pada perubahan APBN 2015.

Regulasi dana desa sendiri diatur dalam PP No 60 tahun 2014. Untuk pengalokasiannya setiap desa mendapatkan bagiannya berdasarkan pada jumlah penduduk dengan bobot 30 persen, angka kemiskinan 50 persen dan bobot wilayah 20 persen.

Sedangkan untuk proses pendistribusiannya dikerjakan dalam tiga tahap. Yakni tahap awal pada bulan April, tahap kedua bulan Agustus. Lalu untuk tahap terakhir adalah bulan Oktober. Sasarannya sendiri diutamakan untuk program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakatnya. (Arkha Satya – sisidunia.com)