Home » News » Vonis Sidang Anas Urbaningrum, Apa Alasan Anas Meminta Muhaballah?

Vonis Sidang Anas Urbaningrum, Apa Alasan Anas Meminta Muhaballah?



Jakarta – Ada hal menarik pada sidang vonis Anas Urbaningrum yang didakwa terlibat dalam kasus gratifikasi proyek Hambalang, Jakarta Selatan, Rabu (24/09/2014), dimana mantan politisi asal PD itu meminta pihak Majelis Hakim Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) melakukan Mubahallah.

Vonis Sidang Anas Urbaningrum, Apa Alasan Anas Meminta Muhaballah

Adapun Mubahallah dalam pengertian secara bahasa yang sederhana merupakan saling melaknat atau sumpah kutukan. Lebih lanjut kepada para awak media, Rabu (24/09/2014), setelah menjalani proses persidangan, Anas Urbaningrum menjelaskan alasannya meminta pihak JPU dan Majelis Hakim Tipikor melakukan Mubahallah.

Pada keterangannya, Anas Urbaningrum mengatakan alasannya meminta dua pihak terkait melakukan hal tersebut karena dirinya merasa berkeyakinan bahwa keputusan Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tidaklah adil, termasuk pula dalam dakwaan maupun tuntutan yang ditujukan kepadanya.

Oleh sebab itulah Anas Urbaningrum meminta untuk dikembalikan kepada Tuhan Y.M.E sang pencipta alam semesta. “Itulah mubahallah dalam tradisi Islam,” tandasnya. Dan meskipun pihak majelis hakim Tipikor tidak memberi tanggapan atas permintaannya, Anas tetap tak merasa kecewa secara berlebihan.

Disisi lain, Asrorun Niam selaku Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia serta merupakan Doktor Hukum Islam tidak ingin berpendapat lebih jauh mengenai pengajuan Mubahallah Anas kepada pihak Majelis Hakim Tipikor dan JPU. Namun diungkapkan pula bahwa hal itu sejatinya dilakukan untuk kepentingan Agama, bukan urusan duniawi. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)