Home » News » Vonis Anas Urbaningrum, KPK Akan Mengajukan Banding

Vonis Anas Urbaningrum, KPK Akan Mengajukan Banding



Jakarta – Anas Urbaningrum yang merupakan terdakwa pada kasus gratifikasi proyek Hambalang telah divonis hukuman 8 tahun kurungan penjara subsider 6 bulan, disertai dengan denda senilai Rp. 300 juta oleh pihak Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Selatan, Rabu (24/09/2014).

Vonis Anas Urbaningrum, KPK Akan Mengajukan Banding

Tidak hanya itu saja, hakim Tipikor pun memutuskan Anas Urbaningrum untuk membayar uang senilai Rp. 57.5m serta USD 5.261.070‎ sebagai bentuk ganti rugi yang dialami negara. Putusan hakim Tipikor itu lebih ringan jika dibandingkan dengan tuntutan dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya menuntut Anas Urbaningrum mendapatkan hukuman 15 tahun kurungan penjara diiringi pengembalian uang pengganti senilai Rp. 94m serta US$ 5.261.070‎, dan dicabutnya hak politik dari terdakwa kasus gratifikasi proyek Hambalang tersebut.

Atas putusan hakim Tipikor tersebut, pihak KPK menyatakan menghormati segala putusan dari hakim terhadap Anas Urbaningrum. Namun demikian banding tetap akan diajukan, sebagaimana disampaikan Bambang Widjojanto selaku Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Rabu (24/09/2014).

Terlebih, diungkapkan secara jauh oleh Bambang Widjojanto, pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) mampu membuktikan dakwaan primer ke 1 serta ke 3. Dan pada putusan hakim pimpinan Haswandi itu, Anas Urbaningrum juga dinyatakan telah terbukti melakukan kasus korupsi serta pencucian uang secara berulang. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)