Home » Ekonomi & Bisnis » Kekayaan Bill Gates Tambah US$ 6 Miliar Tapi Bukan Dari Microsoft

Kekayaan Bill Gates Tambah US$ 6 Miliar Tapi Bukan Dari Microsoft



Jakarta – Jika kita mendengar nama Bill Gates tentu kita tidak bisa lepas dari gelar orang terkaya di dunia dan Microsoftnya. Namun uniknya pada enam bulan terakhir ini, Bill Gates berhasil menambah pundi-pundi kekayaanya US$ 6 miliar bukan dari Microsoft.

Kekayaan Bill Gates Tambah US$ 6 Miliar Tapi Bukan Dari Microsoft

Ketika pendiri Microsoft tersebut melepas saham pertamanya ke publik pada 1986, Gates hanya memiliki perusahaannya  sebanyak 45 persen atau setara dengan satu miliar saham. Terhitung sejak tahun 1994, ia telah menjual sebagian besar sahamnya senilai US$ 40 miliar.

Saat ini, pundi-pundi kekayaan Gates banyak ia peroleh dari Cascade, sebuah perusahaan swasta yang sekarang banyak mengelola sebagian besar saham sang miliarder tersebut.

Cascade mengelola saham Gates pada beberapa perusahan seperti AutoNation Inc, Canadian National Railway, Republic Services Inc dan Berkshire Hathaway. Selain itu Bill Gates juga memiliki saham dengan jumlah yang fantastis di Liberty Global, Waste Management, dan Liberty Global.

Sedangkan pada bidang property, Gates juga memiliki saham di beberapa hotel kelas wahid seperti Rits Carlton di San Francisco, Charles Hotel di Cambridge, Four Seasons Holdingm serta arena balap kuda 490 hektar.

Meski saat ini hanya memiliki 300 juta lembar saham pada perusahaan yang membesarkan namanya, Microsoft, namun Bill Gates tetap menyandang gelar miliarder terkaya di dunia. (Arkha Satya – sisidunia.com)