Home » News » Kabinet Jokowi JK, Akan Diumumkan Minggu Depan ?

Kabinet Jokowi JK, Akan Diumumkan Minggu Depan ?



Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo direncanakan akan menyampaikan nama-nama kementerian yang akan mengisi kabinetnya pekan depan. Dikutip dari berbagai sumber Rabu (24/9/2014) Tim yang bertugas melaksanakan fungsi tersebut yakni tim Penyelaras diberi mandat untuk menyempurnakan nama-nama kementerian tersebut sedang bekerja. Hal ini disampaikan oleh Ketua TIm Transisi, Rini M Soemarno mengatakan “Penyelarasan itu baru selesai pada akhir minggu ini kemungkinan baru akan diumumkan pada minggu depannya” ungkapnya di Kantor Transisi, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Kabinet Jokowi JK, Akan Diumumkan Minggu Depan ?

Presiden terpilih Jokowi telah meminta kepada masyarakat dalam berpartisipasi memberikan masukan nama kabinet, kementerian, serta figur yang dianggap pantas untuk mendudukinya. Usulan masyarakat itulah yang kini tengah disempurnakan oleh Tim Penyelaras sebelum akhirnya diserahkan kepada Jokowi. Sebelumnya, Jokowi telah mengumumkan struktur kabinet yang akan dipimpinnya dimana terdapat 34 kementerian dengan formasi 18 kementerian diisi oleh kalangan profesional murni dan 16 akan dipimpin oleh kader partai politik.

Jokowi juga tetap mempertahankan tiga kementerian koordinator pada pemerintahannya nantinya. Selain itu kementerian yang dipimpin oleh figur profesional murni diantaranya Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Kementerian Pertanian. Sebelumnya disampaikan bahwa pada pemerintahanya mendatang akan menghapus posisi wakil menteri, namun akhirnya Jokowi hanya mempertahankan satu jabatan wakil menteri dalam kabinetnya mendatang, yakni Kementerian Luar Negeri. (fauji nur – sisidunia.com)