Home » Ekonomi & Bisnis » Ini Cara Indonesia Bendung Produk Negara ASEAN

Ini Cara Indonesia Bendung Produk Negara ASEAN



Jakarta – Untuk menghadapi Masyrakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015, produsen yang ada di Indonesia harus melakukan persiapan yang maksimal untuk bisa bersaing dengan produk dari negara-negara yang tergabung dalam MEA.

Ini Cara Indonesia Bendung Produk Negara ASEAN

Untuk meminimalisir dampak kerugian, Bayu Krisnamukti Wakil Menteri Perdagangan mempunyai setrategi khusus untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar bebas ASEAN bagi para pelaku usaha Tanah Air. Yakni dengan strategi ‘Deferensia’.

Strategi ini dapat diterapkan untuk berbagai macam produk yang dimiliki oleh Indonesia yang tidak mampu dihasilkan oleh negara lain seprti furnitur, produk karet, minyak goreng, barang elektronik atau sepatu. Meskipun dinegara tetangga sudah ada yang memproduksi sepatu, produsen sepatu Indonesia akan dikonsentrasikan pada jenis sepatu tertentu yang berbeda dari negara lain.

Dengan adanya strategi ini, Indonesia diharapkan mampu bersaing lebih kompetitif dengan negara lain bahkan China sekalipun, meski banyak pihak yang pesimis produk Indonesia akan kalah bersaing dengan produk buatan China.

Lebih jauh Krisna memberi contoh bagaimana aplikasi dari strategi ini. Ketika Indonesia membuat perjanjian rumput laut dengan Filiphina. Apabila Filiphina konsentrasi terhadap rumput laut untuk diolah menjadi pangan. Indonesia harus berkonsentrasi kepada rumput laut selain diolah menjadi bahan pangan seperti bahan kosmetik, bio fuel dsb. (Arkha Satya – sisidunia.com)