Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Ternyata Banyak Berhutang ke Singapura

Indonesia Ternyata Banyak Berhutang ke Singapura



Jakarta – Sekitar akhir Juli 2014 kemarin Bank Indonesia mengungkapkan utang luar negeri kita mencapai US$ 290,57 miliar. Sebagian besar utang tersebut diberikan oleh Amerika Serikat dan Singapura.

Indonesia Ternyata Banyak Berhutang ke Singapura

Sesuai data statistik utang luar negeri yang dirilis BI,Sabtu, (20/9/2014). Indonesia memiliki utang dengan luar negeri sebanyak US$ 206,46 miliar yang diberikan atas nama negara lain, US$ 26,55 miliar diberikan oleh organisasi internasional dan selebihnya US$ 57,56 miliar dalam bentuk lainya.

Untuk Amerika Serikat, ia memberikan pinjaman sebanyak US$ 41,03 miliar, Jepang memberi pinjaman US$ 35,55 miliar sedangkan untuk Singapura adalah US$ 56,28 miliar.

Sementara itu ada juga lembaga yang yang memberikan donasi pinjaman yang nominalnya cukup besar bagi Indonesia. Lembaga tersebut adalah International Bank For Reconstruktion and Developmen atau yang disingkat dengan IBRD dengan nilai pinjaman sebesar US$ 11,61 miliar dan Asian Development Bank atau ADB dengan nilai pinjaman senilai US$ 9,07 miliar.

Membekaknya utang Indonesia terhadap luar negeri ditengarai karena adanya iklim ekonomi yang belum stabil akibat transisi kepemerintahan. Ditambah lagi dengan adanya isu kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, sedikit banyak menyumbang ketidak stabilan ekonomi Indonesia secara makro. (Arkha Satya – sisidunia.com)