Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Emas Pekan Ini Makin Anjlok

Harga Emas Pekan Ini Makin Anjlok



Jakarta – Penguatan mata uang Negeri Paman Sam (Amerika Serikat) rupanya tidak hanya mempengaruhi pergerakan mata uang. Pada pekan ini, partisipan yang disurvei oleh survei mingguan Kitco News Gold Survey masih menyakini harga emas turun karena faktor tersebut.

Harga Emas Makin Pekan Ini Makin Anjlok

Sejumlah 13 dari 24 partisipan memperkirakan harga emas akan mengalami penurunan. Sedangkan tujuh orang lainya memperkirakan harga emas akan naik dan empat responden mempredikasi tidak akan ada banyak perubahan harga pada pekan ini.

Baca juga :

Partisipan tersebut diambil dari para penjual emas, bank investor, pialang emas dan analisis grafik pergerakan harga emas.

Sebagian partisipan mengatakan, tidak banyak faktor yang mampu mempengaruhi penguatan harga emas. Ditambah dengan penguatan indeks saham serta isu naiknya suku bunga memperparah kondisi tersebut.

Namun pendapat yang sebaliknya diberikan oleh partisipan yang yakin harga emas akan kembali menguat setelah 8 pekan menunjukan pelemahan. Setelah dolar mengalami penguatan yang signifikan sepekan terakhir ini mereka percaya harga emas juga akan mengikuti penguatan tersebut.

Untuk informasi, Survei yang dilakukan pada pekan lalu. Kebanyakan dari partisipan memprediksi harga emas akan melemah. Benar saja, selama satu pekan kemarin harga emas memang mengalami penurunan mencapai US$ 3 per ounce. (Arkha Satya – sisidunia.com)