Home » News » Berita Gunung Slamet Terkini : Status Masih Siaga dalam Radius 4 Km

Berita Gunung Slamet Terkini : Status Masih Siaga dalam Radius 4 Km



Purwokerto – Gunung Slamet yang terletak di Jawa Tengah, hingga saat ini statusnya dilaporkan masih tetap siaga dengan radius 4 Km meskipun dalam beberapa waktu terakhir dinyatakan tidak didapati adanya lontaran lava pijar. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Surono, Rabu (24/09/2014).

Berita Gunung Slamet Terkini Status Masih Siaga dalam Radius 4 Km

Lansiran dari Antara, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut menegaskan bahwa Gunung Slamet masih berstatus Siaga dengan radius 4 Km sehingga masyarakat diharapkan untuk tetap tidak melakukan berbagai aktivitas dalam radius yang telah ditetapkan itu.

“Masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius empat kilometer dari puncak (Gunung Slamet),” ungkap Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono. Tidak hanya itu saja, masyarakat didaerah terkait berlokasi diluar radius tertetapkan pun dihimbau untuk tetap tenang.

Adapun kondisi terkini Gunung Slamet, meski dalam pengamatan para pihak terkait tidak didapati adanya lontaran lava pijar pada beberapa waktu terakhir, namun aktivitas kegempaannya dinyatakan masih tetap tinggi dengan munculnya hembusan asap yang memiliki ketinggian antara 50 hingga 300 meter dari puncak.

Data hasil pengamatan tersebut dinyatakan dilakukan oleh pihak PVMBG atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Desa Gambuhan, Pulosari, Pemalang, dimana hari Selasa (23/09/2014), antara pukul 6 sore hingga 12 dini hari tercatat terjadi gempa tremor sebanyak 6 kali disertai 75 hembusan.

Sedangkan berdasarkan catatan pada Rabu (24/09/2014), mulai dari jam 12 dini hari hingga 6 pagi, didapatkan hasil terjadinya gempa tremor harmonik sebanyak satu kali serta 67 gempa hembusan secara seismik, disertai munculnya asap putik dengan ketinggian mencapai 50 sampai 100 meter dari puncak Gunung Slamet. (Dwi Kristyowati – SisiDunia.com)