Home » Ekonomi & Bisnis » Berita Ekonomi: Pembangunan Bandara Untuk Transportasi Antar Wilayah Dianggarkan 8 Triliun

Berita Ekonomi: Pembangunan Bandara Untuk Transportasi Antar Wilayah Dianggarkan 8 Triliun



Jakarta – Sekarang ini transportasi antar wilayah memang menjadi salah satu prioritas untuk dibangun, khususnya pembangunan sebuah bandara yang harus dilakukan tahun depan oleh Kementerian Perhubungan.

Pembangunan Bandara Untuk Transportasi Antar Wilayah Dianggarkan 8 Triliun

Selama ini masih banyak sekali pulau-pulau di Indonesia yang masih belum memiliki bandara. Untuk tahun depan, kemenhub akan menyiapkan anggaran biaya sebesar 6.8 triliun untuk pembangunan bandara baru.

Santoso Edi Wibowo yang merupakan Sekjen Kemenhub mengungkapkan kepada wartawan Senin (22/9/2014), Untuk tahun depan kemenhub akan membangun sebanyak 21 bandara, dan ada beberapa bandara yang memiliki anggaran yang sangat besar sekali.

Baca Juga
Harga Emas Antam Hari Ini Selasa 23 September 2014 Masih Tetap Tak Berubah
SBY Tinggalkan Utang Negara Sebesar Rp 2.531,81 Triliun

Adapun bandara yang diprediksi memakan anggaran yang sangat besar adalah Bandara Kertajati di Majalengka Jawa Barat, Bandara Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau, Bandara Tambelan Pulau Bintan Kepri, Bandara Siau di Sulawesi Utara, dan Bandara Tebelian Sintang Kalimantan Barat.

Selain rencana pembangunan bandara yang memiliki kapasitas sangat besar, kemnhub juga akan mebangun bandara perintis serta bandara yang dibangun untuk wilayah timur. Untuk anggaran pembangunan bandara Werur di Tambrauw Papua Barat memiliki anggaran sebesar Rp 36 miliar, nantinya 30 miliar akan diambilkan dari APBN dan yang 6 miliar akan diambilkan dari APDB darah tersebut. Slain membangun bandara baru, kemnhub juga akan melakukan perbaikan bandara dengan anggaran biaya 3,3 trilun, jadi jika ditotal anggarannya mencapai 8 triliun lebih. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)