Home » News » Berita Nasional, Hansip Akan Berubah Nama Menjadi Linmas

Berita Nasional, Hansip Akan Berubah Nama Menjadi Linmas



Jakarta – Keputusan Pemerintah yang menghapus Hansip melalui Keppres yang ditentag oleh masyarakat terutama para hansip sendiri. Dikutip dari berbargai sumber Senin(22/9/2014) Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Agung Mulyana memastikan tak akan meniadakan pertahanan sipil (hansip). Hanya saja, nerunah wajah menjadi satuan pelindung masyarakat (linmas). Pada saat ini personil hansip di tanah air berjumlah sekitar 1,2 juta orang akan tetap bertugas. Agung Mulyana mengungkapkan “Tentang tenaga yang ada di lapangan, mereka tetap bertugas, total ada 1,2 juta orang tersebar di 534 daerah otonom,” ungkapnya di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Berita Nasional, Hansip Akan Berubah Nama Menjadi Linmas

Hansip selama ini diatur oleh payung hukum Kepres Nomor 55/1972 tentang Penjempurnan Organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) dan Organisasi Perlawanan dan Keamanan Rakjat (Wankamra) Dalam Rangka Penertiban Pelaksanaan Sistim Hankamrata. Menurut Agung sebaran hansip sesuai dengan jumlah penduduk di setiap desa. Rata-rata setiap desa memilki 10 personil. tidak seragamnya jumlah, usia dan pengaturan hansip di seluruh Indonesia karena tidak adanya standar pengaturan.

Keppres menjelaskan bahwa sebagai satuan untuk membantu masyarakat sipil untuk pertahanan negara. Dalam perkembangannya, terutama sejak dinaungi oleh Kemendagri pada 2002, tugas dan peran hassip bergeser. Hansip menjadi satuan perlindungan masyarakat yang membantu masyarakat sipil dalam aktivitas kemasyarakatan. Seperti penanggulangan bencana alam, pemilu dan hajatan masyarakat. selnajutnya hansip berubah wajah menjadi linmas akandiatur lebih rinci dalam RUU pemerintahan Daerah yang segera disahkan DPR akhir September. (fauji nur – sisidunia.com)