Home » Ekonomi & Bisnis » Alibaba Rencana Tambah IPO Untuk Pecahkan Rekor Dunia

Alibaba Rencana Tambah IPO Untuk Pecahkan Rekor Dunia



New York – Alibaba Rencana Tambah IPO Untuk Pecahkan Rekor Dunia. Perusahana e-commerce asal China yakni Alibaba telah melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) telah memecahkan rekor penjualan di bursa saham New York. Dengan kesuksesan tersebut rencananya para penjamin emisi penawaran saham perdana (IPO) Alibaba Group Holding Ltd akan memperbesar jumlah saham IPO sebesar 15 persen sehingga nilainya akan mencapai US$ 25 miliar, untuk memecahkan rekor penawaran saham perdana (IPO).

Berita Mancanegara, Alibaba Rencana Tambah IPO Untuk Pecahkan Rekor Dunia

Dikutip dari berbagai sumber online Senin (22/9/2014) wib Para penjamin emisi akan mengambil opsi greenshoe dan menjual 48 juta saham tambahan. Pada perdagangan perdana Jumat kemarin, saham Alibaba melonjak sebesar 38 persen dengan berhasil meraup dana sekitar US$21,8 miliar. Berhasil memecahkan rekor IPO di bursa saham New York, Amerika Serikat dan bisa memecahakan rekor dunia yang dipegang oleh Agricultural Bank Of China pada 2010 lalu dengan dana sebesar US$ 221,1 miliar.

Kenaikkan saham perdana terbesar dalam sejarah pasar modal Amerika Serikat, mengalahkan Facebook dan Walt Disney. Namun beberapa sentimen negatif mengenai saham Alibaba dimana kepemilikan saham yang dibayangi sistem kelas ganda, dan potensi konflik dengan regulasi industri IT pemerintah Tiongkok yang sulit diprediksi masih membanyangi prospek Alibaba ke depan. Selain itu ada juga sentimen positif yang mendasari investor dalam memburu saham Alibaba. Perkembangan perusahaan yang cepat, profitabilitas yang tinggi serta ambisi perusahaan. Mayoritas netizen Tiongkok mengunjungi laman Alibaba, dan kebanyakan semua barang dibeli melalui situs tersebut. Bagi investor Amerika sendiri, Alibaba bisa menjadi jalan merangkul pasar kelas menengah Tiongkok yang tengah menguat. (fauji nur – sisidunia.com)