Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan: Cara Membuat Ikan Kembung Balado Enak

Resep Masakan: Cara Membuat Ikan Kembung Balado Enak



Jakarta – Masakan balado, merupakan masakan extra pedas, tentunya rasa pedas inilah yang bisa menambah nafsu makan. Ikan kembung sangat cocok sekali jika dimasak dengan menggunakan bumbu balado, bumbu pedas yang akan masuk ke dalam ikan kembung ini akan semakin menambah nikmat rasanya.

Resep Masakan: Cara Membuat Ikan Kembung Balado Enak

Jika anda menyukai petai, anda bisa menambahkan dalam balado ikan kembung ini. Resep yang akan diberikan sisidunia.com kali ini dilansir dari sebuah Aneka Resep Masakan Sehari-hari, Minggu (21/9/2014). Ikuti resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Baca juga:
Resep Masakan: Cara Membuat Gurami Tepung Saus Asam Manis

Bahan-bahan:
1/2 kg ikan kembung
1 papan petai
4 buah cabai hijau iris serong
3 siung bawang merah iris tipis
1 cm lengkuas dimemarkan
1 sdt gula pasir
1 sdm air asam
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
8 buah cabai merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah tomat

Pertama-tama bersihkan dahulu ikan kembung beserta sisiknya, kemudian goreng hingga kering dan matang. Siapkan wajan penggorengan dan minyak goreng untuk menumis, lalu tumis bawang merah, irisan cabai, bumbu halus, serta lengkuas sampai keluar aroma wangi.

Selanjutnya masukkan petai dan juga ikan kembung yang telah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan air asam, gula, garam lalu aduk hingga semua merata, aduk sampai bumbu meresap. Lakukan mengaduk kembali agar bumbu dan ikan di bagian bawah tidak gosong, setelah semua meresap, angkat dan sajikan. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)