Home » News » Kabinet Jokowi Jk, 34 Kementerian Sudah Final Tinggal Pilih Menteri

Kabinet Jokowi Jk, 34 Kementerian Sudah Final Tinggal Pilih Menteri



Jakarta – Wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) memastikan struktur dan susunan kabinet pemerintahannya bersama Joko Widodo tidak akan berubah dari 34 kementrian. Pernyataan tersebut berbeda dengan apa yang telah disampaikan oleh Jokowi yang sebelumnya mengatakan kabinetnya masih mungkin berkurang atau bertambah. Dikutip dari berbagai sumber Jusuf Kalla Minggu (21/9/2014) mengatakan ” Kan sudah disampaikan berkali-kali. Itu sudah final. Sudah diumumin kok,” ungkapnya di kediamannnya Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta selatan.
Kabinet Jokowi Jk, 34 Kementerian Sudah Final Tinggal Pilih Menteri
Terkait dengan nama-nama tokoh dari kalangan profesional murni maupun dari partai politik yang mengisi jabatan menteri di kabinetnya, Jusuf Kalla belum mau memberitahukan. Dia mengaku hingga saat ini, dirinya dan Jokowi masih menggodok nama-nama calon menterinya. Peluang dari Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan untuk bergabung dalam barisan koalisi pendukungnya, JK mengaku belum mau berkomentar.

Sebelumnya berbeda dengan Jusuf Kalla, Jokowi justru mengatakan jumlah 34 Kementerian dalam struktur kabinet pemerintahannya bisa saja berubah. Menurut Jokowi, bila dalam kajian yang dilakukan dirasa tidak efektif, beberapa kementerian mungkin saja akan dihapus. Jokowi mengatakan tidak mau terbelenggu dengan urusan jumlah Kementeriannya nanti. Setelah menentukan Kementerian, dia akan berfokus menyeleksi nama-nama yang akan dipilih menjadi menteri. (fauji nur – sisisdunia.com)