Home » News » CEO Alibaba Jack Ma, Orang Paling Kaya China Bersanding Dengan Bill Gates Dan Larry Page

CEO Alibaba Jack Ma, Orang Paling Kaya China Bersanding Dengan Bill Gates Dan Larry Page



Beijing – Perusahaan E-commerce asal China, Alibaba berhasil menorehkan prestasi dalam pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) terbesar sepanjang sejarah. Dengan demikian kekayaan CEO Alibaba Jack Ma ikut terdongkrak naik. Dilansir dari Forbes (21/9/2014) hasil dari IPO tersebut membuat keuangan pendiri perusahaan Jack Ma melonjak melebihi US$ 16 miliar atau sekitar Rp 192 triliun. Ada dana segar sekitar US$ 800 juta dari penjualan saham dan dana bisa meningkat lebih dari US$ 1 miliar. Dengan jumlah total kekayaan tersebut MA berhasil menggeser posisi orang paling kaya di China yaitu Founder Search Engine Baidu, RObin Li. Li memiliki kekayaan sebesar US$ 16,6 miliar.
CEO Alibaba Jack Ma, Orang Paling Kaya China Bersanding Dengan Bill Gates Dan Larry Page
Dengan kekayaan yang dimilki oleh Jack Ma menempatkan pria mantan guru tersebut sebagai sepuluh orang paling kaya di sektor teknologi. Ma berhasil disangdingkan dengan tokoh-tokoh seperti Bill Gates, Larry Page, Larry Ellison, Mark Zuckerberg dan Sergey Brin.

Kesuksesan Alibaba pada peluncuran IPO di bursa New York Street Exchange (NYSE) mendapatkan dana segar sepuluh miliar dolar AS dari publik. Jack Ma meminta berulang-ulang kepada masyarakat untuk mempercayai transparansi perusahaan dan pemerintahan Tiongkok dalam berdagang di situs Alibaba. Seperti diketahui, raksasa perusahaan Tiongkok itu berhasil meraup dana US$ 21,8 miliar dari publik. Hal ini menjadikan IPO Alibaba menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Pada perdagangan Jumat kemarin, harga saham Alibaba ditutup pada kisaran harga US$93,89 dan harganya meningkat 38 persen dari harga saham yang ditawarkan. (fauji nur – sisidunia.com)