Home » Ekonomi & Bisnis » Saham Alibaba Lampaui Perusahaan Walt Disney Dan Boeing, Hebat!

Saham Alibaba Lampaui Perusahaan Walt Disney Dan Boeing, Hebat!



New York – Saham Alibaba Lampaui Perusahaan Walt Disney Dan Boeing, Hebat!. Perusahaan raksasa e-commerce asal Cina Alibaba telah melakukan IPO di pasar bursa Amerika, saham perusahaan dagang online tersebut diperdagangkan pada harga US$ 68 (sekitar Rp 810.000) berada di jajaran atas harga saham Minggu (21/9/2014) wib. Penawaran perdana saham dimulai pada Jumat (19/9/2014) kemarin di bursa saham New York, dimana perusahaan pimpinan Jack Ma tersebut akan mengantongi dana segar sekitar US$21,8 milliar, sehingga berhasil menjadi penjualan perdana terbesar. Perusahan Alibaba, telah menguasai 80 persen pangsa pasar penjual ritel online di Cina, kini mendapatkan nilai pasar sekitar US$167,6 miliar. Nilai tersebut melampaui nilai perusahaan-perusahaan raksasa seperti Walt Disney dan Boeing.

Berita Mancanegara, Saham Alibaba Lampaui Perusahaan Walt Disney Dan Boeing

Alibaba mengoperasikan serangkaian pasar online di Cina dan temapt lainnya dan hasil transaksi perusahaan cina tersebut dapat mengalahkan perolehan jika perusahaan seperti Amazon dan eBay disatukan. Perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma seorang mantan guru ingin menggunakan sebagian hasil penjualan saham ini dalam memperluas jangkauan perusahaan ke wilayah Amerika Serikat dan pasar-pasar lainnya.

Penjualan perdana saham Alibaba pada jam-jam pertam ketika pasar dibuka menimbulkan hiruk pikuk selama perdagangan. Beberapa ahli berharap harga saham dapat naik pada saat penjualan dimulai karena banyak perusahaan akan menambahkan saham Alibaba ke Portofolio investasi mereka. (fauji nur – sisidunia.com)