Home » News » Berita Facebook : Guru Ini Di Kritik Karena Menyalahkan Jawaban Anak SD Yang Dianggap Sudah Benar

Berita Facebook : Guru Ini Di Kritik Karena Menyalahkan Jawaban Anak SD Yang Dianggap Sudah Benar



Jakarta – Facebook atau biasa disebut dengan FB kembali heboh dengan sebuah upload foto mengenai PR anak SD yang disalahkan oleh gurunya. Foto tersebut diunggah oleh Muhammad Erfas Maulana tanggal 18 September 2014. Dan hingga berita ini diturunkan, Minggu (21/09/2014), berita Facebook ini telah dishare sebanyak 4,637 kali.
Berita Facebook : Guru Ini Di Kritik Karena Menyalahkan Jawaban Anak SD Yang Dianggap Sudah Benar
Dalam foto tersebut, Muhammad Erfas mengkritik guru adiknya yang menyalahkan jawaban PR matematika yang dianggapnya sudah benar. Salah satu soal yang tertera adalah 4+4+4+4+4+4 = 4×6 = 24. Sedangkan jawaban yang diberikan oleh sang guru adalah 6×4.

Berbagai komentar diberikan oleh pengguna Facebook yang lain. Ada yang menganggap bahwa guru tersebut ceroboh, namun ada pula yang membela dengan alasan konsep dasar perkalian dan penjumlahan yang diberikan untuk anak SD memang demikianlah adanya.

Salah satu analogi yang diberikan untuk mendukung jawaban dari sang guru adalah pemberian resep dari seorang dokter. Resep yang tertulis 3×1 akan berbeda dengan resep yang tertulis 1×3. Analogi yang lain mengatakan Jeruk + jeruk+ jeruk=3 jeruk ( bukan jeruk 3).

Namun pengguna Facebook lain yang menganggap bahwa guru tersebut ceroboh mengatakan bahwa matematika tidak bisa dianalogikan seperti resep dokter. Dan untuk analogi jeruk, mereka berpendapat bahwa ketika anak membeli jeruk 1 kg + jeruk 1 kg + jeruk 1 kg, lalu kemudian mengatakan pada ibunya telah membeli jeruk 3 kg juga merupakan sebuah jawaban yang benar.

Dari sekian banyak komentar, polemik mengenai PR anak SD yang termuat di Facebook ini tidak mencantumkan nama guru dan sekolah yang dimaksud. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)