Home » News » Gunung Slamet Terkini : Gempa Tremor Cenderung Meningkat

Gunung Slamet Terkini : Gempa Tremor Cenderung Meningkat



Jawa Tengah – Pada beberapa waktu terakhir ini, Gunung Slamet ramai dikabarkan telah mengalami penurunan aktivitas. Namun demikian berdasarkan data pengamatan yang dipaparkan oleh pihak PVMBG atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, gempa tremor terus alami peningkatan dari periode sebelumnya.
Gunung Slamet Terkini Gempa Tremor Cenderung Meningkat
Sebagaimana dilansir dari Antara, Jum’at (19/09/2014), Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, mengatakan berdasarkan data pengamatan pada hari Jum’at mulai dari pukul 06 pagi hingga jam 12 siang, terhitung telah terjadi 82 kali hembusan gempa, sekali letusan, dan enam gempa tremor harmonik.

Tidak hanya itu saja, Surono pun mengatakan jika dilihat secara kasat mata, kabut seringkali menghalangi pandangan. Namun ketika sudah terang, akan terpapar jelas adanya hembusan asap dari puncak Gunung Slamet dengan ketinggian hingga 100 sampai 400 meter. Perkembangan lebih lanjut hingga kini terus dipantau.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut juga memastikan status dari Gunung Slamet hingga kini masih tetap ‘siaga’, sehingga warga setempat dengan radius 4 kilometer dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas. Tidak hanya itu saja, berbagai peralatan penting pun telah disiagakan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Surono, pihaknya kini telah menyiapkan peralatan pendukung penting layaknya pemantau Seismograf yang diletakkan di Pos Pengamatan Gambuhan sebanyak dua buah, dua lainnya ditempatkan di Bambangan, serta satu lainnya di Guci Tegal. Sedangkan alat deformasi diposisikan di Bambangan dan Pos Pengamatan.

Dan catatan penting yang diperoleh pihak PVMBG, sejak terjadinya erupsi dihari Rabu lalu, gempa tremor terlihat terjadi satu hingga dua kali dalam kurun waktu enam jam. Diungkapkan pula oleh Surono, CCTV tambahan telah dipasang tepatnya di Bojong Tegal guna memantau lebih lanjut kondisi Gunung Slamet. (Dwi Kristyowati – SisiDunia.com)