Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan: Cara Membuat Sop Iga Sapi Enak

Resep Masakan: Cara Membuat Sop Iga Sapi Enak



Jakarta – Pasti enak ya, menyantap menu makanan yang mengandung kuah. Apalagi ditambah dengan bumbu dengan kualitas rempah yang bagus. Tentunya aroma wangi saat memasak akan menggoda selera seisi rumah.

Resep Masakan: Cara Membuat Sop Iga Sapi Enak

Sop Iga Sapi pasti cocok untuk menu berkuah, dengan melihat gambaran aroma dan campuran rempah-rempah diatas, pastinya anda penasaran dan ingin membuatnya. Di sisni sisidunia.com, akan memberikan resep serta cara membuatnya, yang berhasil di kutip dari Kumpulan Aneka Masakan Indonesia, Jum’at (19/9/2014).

Baca juga:
Resep Nasi Goreng: Inilah Cara Membuat Nasgor Sederhana di Rumah

Simak resep dan caranya di bawah ini:

Bahan :
500 gram tulang iga sapi super
5 buah wortel, kupas dan potong-potong 3 cm atau dengan bentuk sesuai selera
6 buah kentang ukuran sedang, kupas dan belah empat bagian
8 siung bawang putih, haluskan
6 butir bawang merah, haluskan

Bumbu dan rempah :
4 cm jahe, geprek
3 butir kapulaga
3 buah pekak (bunga lawang)
3 cm kayu manis
1/2 buah pala, geprek
1/2 sdt kaldu bubuk royco sapi (opsional)
1 sdm garam atau secukupnya

Pelengkap :
1 sdm minyak untuk menumis
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun seledri, iris
bawang goreng untuk taburan

Sebelumnya cuci bersih terlebih dahulu Iga Sapi yang telah dipotong-potong. Kemudian masukkan ke dalam rebusa air, kurang lebih sekitar 2 liter. Rebus diatas api kecil hingga Iga empuk, kurang lebihnya selama 2 jam.

Sementara itu tumis terlebih dahulu, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah beraroma harum tumis bumbu tadi lalu sisihkan.

Jika daging iga sapi sudah empuk, masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi ke dalam iga. Masukkan pula bahan pelengkap lainnya, seperti wortel, kentang, serta bumbu rempah lain. Rebus kembali hingga semua bahan yang dimasukkan matang.

Apabila sudah matang semua, tuang Sop Iga Sapi ke dalam mangkuk dan taburi dengan bawang goreng, daun bawang serta seledri. Hidangkan selagi masih hangat. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)