Home » News » Berita ISIS, Militan ISIS Unggah Video Jurnalis Inggris John Cantile

Berita ISIS, Militan ISIS Unggah Video Jurnalis Inggris John Cantile



Jakarta – Kelompok Militan ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah merilis video seorang jurnalis asal negara Inggris, John Cantile. Dalam video tersebut jurnalis Inggris Cantile mengatakan ia akan mengungkap “kebenaran” dan “Program” terkait penyerangan ISIS terhadap media Barat. Dikutip dari Reuters Jumat (29/92014) wib, video berdurasi tiga menit tersebut yang diunggah melalui media sosial itu memperlihatkan Jurnalis asal Inggris dalam keadaan baik. Dalam video tersebut John Cantile duduk di depan sebuah meja dengan latar belakang hitam, berbeda dengan jurnalis-jurnalis sebelumnya yang diculik oleh militan ISIS.
Berita ISIS, Militan ISIS Unggah Video Jurnalis Inggris John Cantile
Dalam video juga John Cantile mengatakan “saya tahu apa yang anda pikirkan. Anda berpikir, ‘Dia hanya melakukan ini karena sedang ditahan. Di kepalanya ada pistol dan dia dipaksa untuk melakukan ini’, Benar, nasib saya ada ditangan ISIS,” ungkapnya pada video tersebut. Dalan video berjudul “Lend Me Your Ears” Cantile mengaku ditangkap pada saat tiba di Suriah tahun 2012 lalu. Jonh Cantile saat ini bekerja untuk harian di Inggris seperti The Sunday Times, The Sun, dan The Telegraph. John Cantile ditangkap bersama seorang fotografer asal Belanda, Joroen Oerlemans saat berkerja di perbatasan Suriah dan Turki.

Kelompok militan ISIS beberapa bulan belakangan, telah merilis video beberapa jurnalis asal Inggris dan Amerika. Sebelumnya Militan ISIS merilis video mengenai jurnalis James Folley dan Steven Sotloff asal Amerika telah dieksekusi oleh kelompok radikal tersebut. Selain itu Jurnalis asal Inggris David Haines telah mengalami eksekusi oleh kelompok Militan ISIS tersebut. (fauji nur – sisidunia.com)