Home » News » RUU Pilkada, Demokrat Setuju Dengan Pemilihan Secara Langsung

RUU Pilkada, Demokrat Setuju Dengan Pemilihan Secara Langsung



Jakarta – Partai Demokrat akhirnya mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung dalam Rancangan Undang-undang Pilkada, sikap ini sejalan dengan koalisi kubu presiden terpilih Joko Widodo. Meski pilihan setuju dengan adanya pemilihan langsung kubu partai Demokrat membantah sedang mengincar kursi kabinet Jokowi-Jk. Melalui Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin dari pantauan tim sisidunia dari berbagai sumber online, Kamis (18/9/2014) mengatakan ” nggak ada pertimbangan seperti itu (incar kursi menteri). Kami memikirkan yang manfaat buat rakyat yang disenangi oleh rakyat apa. Jadi kita ikuti, ikutilah apa yang menjadi rakyat senang”.
RUU Pilkada, Demokrat Setuju Dengan Pemilihan Secara Langsung
Menurut Amir, rakyat senang jika Demokrasi dirawat, ditingkatkan dan dipelihara. Sementara dalam pilkada yang dipilih langsung oleh rakyat ini, sudah mencerminkan sistem yang demokrasi. Namun, Amir mengatakan pihaknya belum mengetahui jika ada kader partai Demokrat yang menjadi calon menteri oleh Jokowi-JK. Demokrat akan mendukung kebijakan JOkowi-JK jika hal itu sesuai dengan kehendak rakyat. Pemilihan kepala daerah langsung asalkan, ada 10 sampai 11 perbaikan pada pasal-pasal yang ada saat ini.

Pembahasan Rancangan Undang-undang Pilkada antara Pemerintah dengan DPR, dimana pada 25 September nanti keputusan terhadan RUU tersebut diputuskan. Saat ini dalam Koalisi Merah Putih seperti Gerindra, PKS, PAN, PPP mendukung RUU tersebut sedangkan PDI-P, PKB dan Demokrat lebih setuju dengan pemilihan kepala daerah secara langsung. (fauji nur – sisidunia.com)