Home » News » Berita Politik: Ini Cara Jokowi Saat Menyeleksi 200 CEO Calon Menteri

Berita Politik: Ini Cara Jokowi Saat Menyeleksi 200 CEO Calon Menteri



Jakarta – Jokowi telah menetapkan semua komposisi dalam kementerian, dan Jokowi pun haris terus menyaring para calon menteri tersebut. Bagi yang Profesional sudah tersedia sebanyak 18 kursi, sedangkan yang akan diseleksi terlebih dahulu berjumlah 200 nama.

Ini Cara Jokowi Saat Menyeleksi 200 CEO Calon Menteri

Deputi Kepala Staf Kantor Transisi Andi Widjajanto

“Untuk saat ini yang sudah masuk prosesnya ada 200 nama, namun yang sudah itu akan dimasukkan dalam level profesional, tidak masuk ke partai-partai juga belum diumumkan secara pasti dan lengkap siapa saja kandidat mereka,” kata Deputi Tim Transisi Andi Widjojanto, di kantor Tim Transisi, Jl Situbondo, Menteng, Jakpus, Kamis (18/9/2014).

Di sini Andi menjelaskan nama yang berjumlah 200 orang itu ternyata sebelumnya telah diseleksi terlebih dahulu oleh Jokowi. Dan saat seleksi pertama jumlahnya sekitar 1000 orang, kemudian Jokowi menyeleksinya dengan tiga tahapan.

“Sekarang ini masih masuk dalam tahapan satu, nanti akan dilakukan penggalian lagi apakah orang yang terpilih ini layak dan juga profesional,” ungkapnya.

Tentang bagaimana cara menyeleksinya, Andi mengatakan akan ada beberapa petunjuk untuk menyeleksi para calon menteri itu. Misalnya dari segi kemampuan, sampai dimana orang yang mencalonkan diri itu mampu dan juga mempunyai kedudukan.

“Misal seperti ini sudah menjadi CEO dan juga Direktur, nah tentunya CEO yang labih tinggi jabatannya. Jadi level kinerjanya sudah nasional bukan regional lagi,” terangnya.

Baca juga:
Kabinet Jokowi JK, 34 Nama Calon Menteri Versi Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR)

Soal nama-nama para calon Tim Transisi belum mengetahuinya, sebab itu akan dilakukan langsung oleh Jokowi. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)