Home » Gaya Hidup » Berita Mancanegara, Australia Ajarkan Anak Playgrup Bahasa Indonesia

Berita Mancanegara, Australia Ajarkan Anak Playgrup Bahasa Indonesia



Canberra – Pemerintah Federal Australia sedang melakukan ujicoba untuk berpartisapi dalam proyek selama satu tahun mengajarkan beberapa bahasa dari berbagai negara diantaranya bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Arab serta Indonesia. Di negara Australia playgrup atau masa pra sekolah adalah tempat anak-anak dengan usia tiga sampai lima tahun mendapatkan asuhan dan biasanya diisi dengan kegiatan bermain dan kontak sosial dengan teman sebaya, sebelum memasuki sekolah dasar.
Berita Mancanegara, Australia Ajarkan Anak Playgrup Bahasa Indonesia
Nantinya dalam ujicoba tersebut, anak-anak pra sekolah ini akan belajar bahasa lewat aplikasi di komputer. Adanya proyek ujicoba tersebut ada pro dan kontra mengenai pentingnya belajar bahasa kedua dan kapan seorang anak mulai belajar bahasa baru sering kali menghiasi media negara tersebut. Banyak orang tua khawatir seorang anak akan kebingungan bahwa belajar bahasa kedua terlalu dini. Namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa pelajar yang belajar bahasa asing mencapai hasil tes lebih baik dibandingkan mereka yang hanya bisa berbicara satu bahasa saja. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa mulai dari usai tiga tahun, seorang anak siap untuk belajar sebuah bahasa baru.

Dilansir dari situs pemerintah Kamis (18/9/2014) Menteri muda Bidang Pendidikan Australia Sussan Ley menyampaikan ” Sebagai sebuah negara pulau yang ikut berpartisipasi dalam perekonomian global, kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa semakin penting bagi warga Australia, dan ini sangat diperlukan bagi keberhasilan ekonomi kita di masa depan,” ungkapnya. (fauji nur – sisidunia.com)