Home » News » Kabinet Jokowi-JK, Ada 200 Calon Menteri Yang Siapkan Tim Transisi Untuk Jokowi

Kabinet Jokowi-JK, Ada 200 Calon Menteri Yang Siapkan Tim Transisi Untuk Jokowi



Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo beberapa saat lalu sudah mengumunkan formasi Kabinet yang akan di bentuknya, saat ini sudah mengantongi lebih dari 200 nama yang akan diseleksi untuk mengisi kabinetnya. Mereka dijaring oleh tim pencari dengan nama Head Hunter. Presiden terpilih Jokowi mempertimbangkan beberapa aspek diantarnya daerah asal, agama, organisasi calon, karier profesional dan politik. Selain itu adanya keterwakilan perempuan dalam kabinet menjadi pertimbangan.
Kabinet Jokowi-JK, Ada 200 Calon Menteri Yang Siapkan Tim Transisi Untuk Jokowi
Para profesional yang masuk radar tim pemburu menteri berasal dari kalangan swasta, pemerintahan dan akademisi. Mereka yang akan mengisi posisi 18 menteri kalangan profesional non partai, selain itu ada 16 kursi menteri jatah untuk partai pendukung Jokowi-JK pada Pemilihan Presiden kemarin. Deputi tim transisi Akbar Faisal mengatakan menteri-menteri Jokowi kelak harus berani mengambil resiko, rekam jejak bebas dari kasus-kasus hukum. Keinginan Jokowi agar menteri dari partai politik tidak lagi menjabat di partai.

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menyatakan posisinya sebagai ketua partai apabila dipilih menjadi menteri tidak akan mengganggu tugas sebagai menteri. Menjaring menteri menggunakan matriks keterwakilan juga dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama dua periode. Hampir semua wilayah daerah, golongan, dan agama terwakili pada kabinet Indonesia bersatu jilid I dan II. (fauji nur -sisidunia.com)