Home » News » Kabinet Jokowi-JK : Tanggapan Jokowi Atas Kritikan Struktur Kabinetnya

Kabinet Jokowi-JK : Tanggapan Jokowi Atas Kritikan Struktur Kabinetnya



Jakarta – Struktur formasi Kabinet Pemerintahan Jokowi-JK sudah sebelumnya sudah disampaikan dengan 34 kementerian, 18 ditempati kalangan profesional, dan 16 lainnya diisi profesional-parpol. Mengenai hal itu, tidak sedikit pihak yang mengkritisi jumlah jatah 16 kursi untuk profesional-parpol.
Kabinet Jokowi-JK Tanggapan Jokowi Atas Kritikan Struktur Kabinetnya
Sejumlah pihak berpendapat bahwa jumlah 16 kursi untuk diisi profesional-parpol pada kabinet Jokowi-JK dianggap terlalu banyak. Terkait hal tersebut, Presiden terpilih Joko Widodo pun memberikan tanggapannya dengan mengatakan jumlah 18 kursi yang nantinya diisi dari kalangan profesional bukanlah angka kecil.

Sehingga jumlah 16 kursi bagi kalangan profesional-parpol tidak perlu diperdebatkan dan sudah berdasarkan kalkulasi matang. Bertempat di Balaikota, Jakpus, Selasa (16/09/2014), Joko Widodo menegaskan, “Ini berkaitan dengan dukungan politik, dukungan parpol, hubungan antara pemerintah dan dewan.”

Tidak hanya itu saja, kader PDIP yang juga merupakan Presiden Terpilih periode 2014-2019 Jokowi pun mengatakan ditetapkannya 16 kursi menteri diisi kalangan profesional-partai memiliki fungsi tujuan besar, yaitu sebagai perekat hubungan pemerintah dengan DPR yang dipastikan diisi para kader partai politik.

Dan mengenai jumlah 34 kementerian yang telah ditetapkannya, Jokowi mengatakan angka tersebut tidaklah mutlak. “Proses berjalan nanti, kementerian yang tidak efisien, bisa saja ditiadakan,” tegasnya seraya menyatakan maksud dari kata efisiensi tersebut adalah biaya aparatur negara dapat berkurang. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)