Home » News » Struktur Kabinet Jokowi : 18 Dari Profesional Dan 16 Profesional Partai

Struktur Kabinet Jokowi : 18 Dari Profesional Dan 16 Profesional Partai



Jakarta – Presiden terpilih, Jokowi, sore ini, Senin (15/09/2014) mengumumkan struktur kabinetnya di Rumah Transisi. Didampingi oleh Jusuf Kalla, Jokowi mengatakan bahwa akan ada 34 Menteri yang akan membantunya dalam menggerakkan pemerintahan 2014-2019.
Struktur Kabinet Jokowi : 18 Dari Partai Dan 16 Profesional Partai
Mengenai wakil Menteri yang sempat menjadi perdebatan, Jokowi tidak menjelaskan secara gamblang, hanya mengatakan bahwa kemungkinan Wakil untuk Menteri Luar Negeri tetap dibutuhkan.

34 Menteri yang ditunjuk oleh Jokowi terdiri dari 16 orang profesional Parpol dan 18 orang profesional murni. Namun ketika ditanya siapakah orang parpol yang bergabung menjadi kabinetnya, Jokowi tidak mau menjawab karena semua ini belum final.

Dalam pernyataannya, Jokowi tidak mempermasalahkan Kabinetnya akan gemuk atau tidak, namun yang terpenting adalah mereka nanti harus mau bekerja jujur, cepat dan harus mengutamakan kepentingan rakyat.

Bagi orang parpol yang akan menjadi Menteri, Jokowi menegaskan untuk melepaskan jabatannya terlebih dahulu di partai politik. Alasannya agar bisa fokus untuk menjalankan tugas dalam mensejahterahkan rakyat.

Dalam kesempatan yang sama, JK juga menyampaikan bahwa profesional murni lebih banyak di kabinet nanti. Namun Wakil Presiden terpilih ini juga menjamin bahwa banyak orang parpol yang profesional juga. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)