Home » News » Polemik RUU Pilkada : Presiden SBY Tengah Siapkan Solusinya

Polemik RUU Pilkada : Presiden SBY Tengah Siapkan Solusinya



Jakarta – Polemik Rancangan Undang-Udang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) kini tengah ramai diperbincangkan serta diperdebatkan, hingga desakan kepada Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk turun tangan menyelesaikan permasalahan itupun terus berdatangan.

Polemik RUU Pilkada Presiden SBY Tengah Siapkan Solusinya

Credit Photo : Antara

Dan hal tersebut benar-benar mendapatkan perhatian serius Presiden SBY dimana rapat terbatas (ratas) untuk membahas perkembangan dari kelompok radikal ISIS pun sampai harus tertunda selama kurang lebih 30 menit dikarenakan sebelumnya SBY terlebih dulu membicarakan permasalahan RUU Pilkada.

Pada keterangannya di Istana Presiden, Jakarta, Minggu (14/09/2014), Presiden SBY mengawalinya dengan meminta maaf karena ratas harus tertunda diakibatnya dirinya terlebih dahulu membahas tentang RUU Pilkada yang kini tengah ramai diperdebatkan, dengan Gamawan Fauzi selaku Mendagri, dan Menko Polhukam Djoko Suyanto.

SBY menjelaskan lebih lanjut keterlambatannya menghadiri ratas karena tengah menyelesaikan atau mencari solusi paling tepat terkait dengan masalah sistem pilkada. “Mudah-mudahan negara ini memiliki sistem dan tatanan yang tepat,” imbuhnya seraya menyatakan tatanan demokrasi harus diiringi semangat reformasi.

Tak hanya itu saja, Presiden SBY pun berharap besar dalam waktu dekat tatanan paling tepat akan segera lahir dalam waktu dekat berdasarkan kesepakatan bersama. Adapun permasalahan RUU Pilkada tengah memanas pada beberapa waktu terakhir dimana sejumlah fraksi menginginkan pilkada dipilih oleh DPRD, sementara beberapa lainnya menolak. (Dwi Kristyowati – SisiDunia.com)