Home » News » RUU Pilkada : PAN Sarankan PDIP Dukung Pilkada Lewat DPRD

RUU Pilkada : PAN Sarankan PDIP Dukung Pilkada Lewat DPRD



Jakarta – Hingga kini PDIP adalah partai yang paling getol untuk menolak RUU Pilkada lewat DPRD yang telah banyak disetujui oleh banyak partai besar di Indonesia.
RUU Pilkada : PAN Sarankan PDIP Dukung Pilkada Lewat DPRD
Sikap penolakan dari PDIP tersebut dikritisi oleh PAN sebagai sikap yang tidak sejalan dengan keinginan dari Presiden terpilih, Jokowi, yang ingin melakukan penghematan anggaran di pemerintahannya mendatang.

Perkataan ini disampaikan langsung oleh Yandri Susanto selaku Anggota Panitia Kerja RUU Pilkada dari Fraksi PAN dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Pilkada Untuk Siapa?’ di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/9/2014).

Yandri Susanto mengatakan bahwa Pemilihan Kepada Daerah lewat DPRD akan mampu menghemat anggaran hingga Rp 80 triliun. Nilai tersebut dibutuhkan untuk mengakomodir 500 lebih kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada.

Lebih lanjut, Yandri juga mengemukakan pendapatnya mengenai Pilkada lewat DPRD yang bisa meminimalisir konflik sosial antar masyarakat. Karena tidak jarang, sebuah pemilihan langsung berakibat perang antar kampung hingga hubungan menjadi semakin renggang.

RUU Pilkada saat ini memang sedang dibahas oleh DPR. Beberapa parpol yang sebelumnya menyatakan ketidaksetujuan seperti PKS dan PAN, akhirnya menyetujui agar Pilkada dilakukan lewat DPRD. (Dwi Kristyowati – sisidunia.com)