Home » News » Kasus Korupsi: Jaksa Penuntut Umum KPK Bacakan Tuntutan Untuk Anas Urbaningrum

Kasus Korupsi: Jaksa Penuntut Umum KPK Bacakan Tuntutan Untuk Anas Urbaningrum



Jakarta – Mantan Anggota DPR sekaligus anggota partai Demokrat Anas Urbaningrum akan mengadapi putusan mengenai kasus yang telah menimpa dirinya yang akan dibacakan oleh jaksa penuntut umum komisi pemberantasan korupsi di pengadilan tindak pidana korupsi kamis (11/9/2014) yang rencananya mulai digelar pada pukul 10.00 wib di Jakarta.
Kasus Korupsi: Jaksa Penuntut Umum KPK Bacakan Tuntutan Untuk Anas Urbaningrum
Kuasa hukum Anas Urbaningrum, Firman Wijaya menyatakan kliennya telah siap menghadapi sidang tuntutan. Kuasa hukum berharap tuntunan terhadap Anas Urbaningrum sesuai dengan fakta yang telah terungkap dalam persidangan selama ini. Anas akan didakwa dengan dakwaan primer, dengan pasal 12 huruf a jo pasal undang-undang (UU) nomor 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan nomor 21/2001 tentang pemberantasan Tipikor jo pasa 64 ayat (1) KUHPidana.

Pasal yang mengatur tentang penyelenggara negara yang menerima suap atau gratifikasi dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4-20 tahun dan pidana denda Rp 200 juta sampai dengan 1 miliar. Sementara dakwaan kesatu subsidair Anas didakwa dengan pasal 11 jo pasal 18 UU pemberantasan Tipikor jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana, untuk dakwaan kedua Anas Urbaningrum didakwa melanggar pasal 3 UU nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan TPPU jo pasal 65 ayat (1) KUHPidana. Sedangkan dakwaan ketiga, anas didakwa melanggar pasal 3 ayat (1) huruf c UU nomor 15 Tahun 2002 sebagimana telah diubah dengan UU Nomor 25 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. (fauji nur – sisidunia.com)