Home » News » Berita Jokowi: Bagaimana Logika Soal Pilkada Lewat DPRD

Berita Jokowi: Bagaimana Logika Soal Pilkada Lewat DPRD



Jakarta – Joko Widodo sangat heran dengan Rancangan Undang-Undang Pilkada yang akan dipilih melalui DPRD. Jokowi meminta bagaimana dulu waktu Presiden langsung dipilih oleh rakyat, liat saja perbandingannya.

Berita Jokowi: Bagaimana Logika Soal Pilkada Lewat DPRD

“Logikanya begini saja, waktu pemilihan Presiden saja langsung rakyat yang memilihnya, masak sekarang bawahan Presiden harus memakai sistem parlemen. Sebenarnya tujuam kita ini akan kemana dan juga mau kemana,” kata Jokowi waktu berada di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/9/2014).

Jokowi menilai pemilihan kepala daerah yang dipilih oleh DPRD sangatlah tidak masuk akal. Jokowi mengatakan harusnya jika ada kekerungan dalam sistem pemilu itu diperbaiki saja, tidak harus merubahnya.

“Sedangkan di atas Undang-Undanga saja rakyat yang memilih, apa iya ini untuk Provinsi dan Kabupaten harus DPRD yang memilih, kira-kira masuk akal atau tidak?” imbuh Jokowi dengan sedikit ketus.

“Ya sudah kalau memang ada kekurangan perbaiki kurangnya dimana, jangan asal merubah terus,” imbuhnya lagi.

Walaupun seperti ini adanya, Jokowi sepertinya tidak mau terlalu pusing memikirkan hal tersebut. Menurutnya ini adalah urusan parlemen bukan urusan beliau. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)