Home » Hiburan » Film Indonesia Terbaru : ‘Senyap’ Film Yang Menang Mendapatkan Penghargaan Festival Film di Italia

Film Indonesia Terbaru : ‘Senyap’ Film Yang Menang Mendapatkan Penghargaan Festival Film di Italia



Jakarta – Festival Film Internasional Venezia yang ke 71 digelar di Italia telah memberikan pengumuman film-film apa saja yang menjadi pemenang. Dan salah satu diantaranya adalah film ‘Senyap’ yang menceritakan mengenai tragedi pembantaian massal yang ada di Sumatra Utara ketika 1965.

Film Indonesia Terbaru : ‘Senyap’ Film Yang Menang Mendapatkan Penghargaan Festival Film di Italia

Film dokumenter besutan sutradara Joshua Oppenheimer ini ternyata juga berhasil memperoleh lima piala di moment festival film  yang bergengsi itu. Penghargaan yang didapat adalah Penghargaan Utama Juri ‘Grand Jury Prize’, Penghargaan Federasi Kritikus Film Internasional ‘FIPRESCI’ untuk film terbaik, penghargaan kritikus Online ‘Mouse d’Oro Award’ untuk film terbaik juga, Federasi Kritikus Film Eropa dan Medeterania ‘Fedora Award’ untuk film terbaik Eropa Medeterania, serta untuk film terbaik yang mengangkat tema hak asasi manusia ‘Human Rights Nights Award.

Film ‘Senyap’ bercerita mengenai kasus pembantaian pada lima negara yaitu Norwegia, Denmark, Finlandia, Inggris dan Indonesia. Di Indonesia film ini mengangkat pembantian yang dilakukan secara masal tahun 1965. Adi Rukun merupakan seorang yang angkat bicara perihal pembantaian tersebut karena adiknya dituduh sebagai komunis.

Dari festival film yang ada di Venezia yang ada di Itali, rencananya film ini akan diputar di Amerika Serikat pada Festival Film Telleride, selanjutnya juga akan di putar pada Festival Film Toronto tanggal 8 September ini. (Flyy Prasetya – sisidunia.com)