Home » News » Info CPNS 2014: Tidak Ada Kursi Cadangan Seperti Ditawarkan Para Calo CPNS

Info CPNS 2014: Tidak Ada Kursi Cadangan Seperti Ditawarkan Para Calo CPNS



Jakarta – Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengingatkan masyarakat untuk tidak tergiur dengan calo yang dapat meloloskan seleksi CPNS 2014. Dalam hal ini pemerintah menegaskan bahwa tidak ada pungutan dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Diperkuat pernyataan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman bahwa bangku cadangan yang ditawarkan oleh para calo sejatinya tidak ada.
Info CPNS 2014: Tidak Ada Kursi Cadangan Seperti Ditawarkan Para Calo CPNS
Pemerintah pada tahun ini mendapatkan kuota sebesar 65 ribu kursi, namun tidak akan memaksakan terpenuhinya seluruhnya, apabila yang lolos hanya 60 ribu, maka tidak akan dipaksakan untuk mencapai semua kuota terisi. Selain itu pada tahun ini tes seleksi akan dilakukan dengan memanfaatkan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan demikian begitu hasil ujian peserta tes CPNS akan langsung muncul usai ujian, sehingga tidak dapat dipalsukan oleh pihak yang bermain pada seleksi tahun ini. Pseerta akan diberikan waktu sekitar 100 menit dalam mengerjakan soal, begitu selesai maka hasil ujian dapat diketahui, kalau tidak memenuhi passing grade maka tidak akan lolos.

Pratik calo memang marak menjelang pelaksanaan tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Para calo biasanya menawarkan satu kursi dengan meminta imbalan sebesar 100 juta. Modus penipuan biasanya beragam mulai dari mengenal pegawai Instansi yang membuka lowongan sampai mengaku sebagai petugas seleksi itu sendiri. Sampai dengan hari ini Minggu (7/9/2014) ada sekitar 829 ribu orang yang sudah mendaftarkan diri melalui panselnas.menpan.go.id. sementara baru ada 170 Instansi yang telah siap menerima pendaftaran dari 400 Instansi yang membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil. (fauji nur – sisidunia.com)