Home » News » Asteroid 2014 RC Melintasi Langit Bumi Pada Malam Ini

Asteroid 2014 RC Melintasi Langit Bumi Pada Malam Ini



Arizona – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan sebuah Asteroid kecil yang akan melintasi Bumi dengan jarak sangat dekat pada hari ini MInggu (7/9/2014), oleh NASA diberi nama Asteroid 2014 RC. Asteroid itu seukuran sama dengan meteroit Chelybinsk yang dulu meledak di wilayah pegunungan Ural, Rusia pada Febuari 2013 lalu. NASA menganggap bahwa asteroid yang akan melintasi bumi dengan aman tanpa akan menabrak angkasa.
Asteroid 2014 RC Melintasi Langit Bumi Pada Malam Ini
Seperti di lansir dari New york Daily News mengatakan Asteroid 2014 RC berukuran 20 meter itu akan terlihat sangat dekat melintasi langit Selandia Baru dengan ketinggian 25.000 pada 20.18 waktu setempat. Namun benda luar angkasa tersebut tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung, diharuskan menggunakan alat bantu. Asteroid 2014 RC akan melewati Bumi dan Cincin Geosynchronous serta satelit cuaca yang mengorbit pada kitinggian 36.000 km di atas permukaan bumi.

Asteroid 2014 RC pertama kali terlihat pada 31 Agustus oleh peneliti di Catalina Sky Survey dekat Tucson, Arizona. NASA mengatakan para astonom mash dapat melihat peristiwa ini dengan menggunakan teleskop, penampakan terdekat dibumi menjadi kesempatan bagi para peneliti untuk mengamati dan mempelajari lebih mengenai benda luar angkasa. Meskipun Asteroid 2014 RC tidak akan mempengaruhi Bumi, namum orbitnya akan kembali mengunjungi bumi di masa yang akan datang. Gerak orbit Asteroid akan selalu diawasi secara ketat, namun sejauh ini belum ada identifikasi ancaman apapun. NASA saat ini sedang melacak 1.400 asteroid yang berpotensi membahayakan dan mempelajari dampak yang ditimbulkan jika sampai mendekati Bumi. (fauji nur – sisidunia.com)