Home » News » Berita Korupsi Migas: Dua Pihak Swasta Diperiksa KPK terkait Mantan Sekjen ESDM

Berita Korupsi Migas: Dua Pihak Swasta Diperiksa KPK terkait Mantan Sekjen ESDM



Jakarta โ€“ Dalam kasus dugaan korupsi kegiatan sosialisasi, sepeda sehat, dan pemeliharaan gedung kantor Sekretariat Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral, pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), telah memeriksa dua pihak swasta pada hari ini Jumat (5/9/2014).

Berita Korupsi Migas: Dua Pihak Swasta Diperiksa KPK terkait Mantan Sekjen ESDM

Ketika dikonfirmasi oleh wartawan sisidunia, Jumat (5/8/2014), Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha membenarkan bahwa pihak swasta yang saat ini diperiksa menjadi saksi adalah Indah Pratiwi dan Darwis.

Priharsa sendiri tidak tahu apakah materi pemeriksaan yang dilakukan terhadap Indah dan Darwis. Namun keterangan yang berasal dari keduanya diperlukan oleh penyidik. Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini KPK telah menetapkan mantan Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno sebagai tersangka. Ia disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Waryono sendiri diduga telah menyalahgunakan wewenang yang berkaitan dengan anggaran yang ada di Kesekjenan ESDM pada tahun 2012 sebesar Rp 25 miliar yang terdiri dari sejumlah pengadaan barang dan jasa. Ia diprediksi telah merugikan keuangan negara Rp 9,8 miliar.โ€Ž (Rindi Ayunda – sisidunia.com)