Home » News » Panselnas CPNS 2014: Pelamar CPNS Dilarang Mendaftar Pada Dua Instansi

Panselnas CPNS 2014: Pelamar CPNS Dilarang Mendaftar Pada Dua Instansi



Jakarta โ€“ Pada tahun ini, pelamar seleksi CPNS memang hanya diperbolehkan melakukan pendaftaran di satu lembaga saja. Ketika langsung mendaftar di dua lembaga maka kelulusannya langsung akan dibatalkan, demikian diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman, pada Rabu (3/9/2014).

Panselnas CPNS 2014: Pelamar CPNS Dilarang Mendaftar Pada Dua Instansi

Herman mengungkapkan bahwa pembatalan atas kelulusan ini akan dilaksanakanoleh pihak Panselnas untuk semua instansi yang telah dilamar oleh pelamar CPNS. Memang panselnas memperbolehkan pelamar melamar hanya satu instansi dengan diperbolehkan memilih maksimal tiga jabatan.

Pada tahun ini, memang pendaftaran CPNS hanya dilakukan single entry. Melamar dengan satu pintu dengan hanya menggunakan nomor induk kependudukan (NIK). Hal ini tidak lain bertujuan untuk mencegah pelamar memaksakan diri dengan mendaftarkan diri ke dua instansi atau lebih.

Baca Juga

 

Pelarangan mendaftar lebih dari dua instansi ini bercermin pada pelaksanaan tes tahun kemarin. Dimana ternyata banyak pelamar yang diterima lebih dari satu instansi sehingga mengakibatkaninstansi yang ditinggal kekosongan formasi.

Tentunya ini juga menimbulkanketidakadilan dari pelamar lain. Rencananya pelaksanaan dari tes kemampuan dasar (TKD) yang akan digelar pada pertengahan bulan ini, akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) sepenuhnya. Selain itu sistem CAT ini, memudahkan pelamar yang dari daerah akan melamar di instansi pusat tidak perlu pergi ke ibu kota hanya untuk mengikuti seleksi TKD. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)