Home » Gaya Hidup » Inilah Keutungan, Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajud

Inilah Keutungan, Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajud



Jakarta – Bagi masyarakat yang beragama islam, shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah mu’akad yang memiliki banyak sekali manfaat. Shalat Tahajud sendiri merupakan shalat yang dialakukan pada sepertiga malam, atau biasa dilakukan pada dini hari, yakni sesudah shalat Siya’ samapi sebelum terbitnya fajar. Jumlah raka’at dari Shalat Tahajud minimal adalah 2 raka’at dan biasanya ditutup dengan Shalat Witir.

Inilah Keutungan, Keutamaan dan Manfaat Shalat Tahajud

Berdasarkan salah satu hadist; “Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi). Penjelasan hadist tersebut sudah mengartikan bahwa kita hendaknya disuruh bangun di malam hari dan mengerjakan shalat tahajud agar dapat diberikan hidayah dan dapat membuat badan menjadi lebih sehat.

Seperti diliput tim sisidunia.com, Selasa (01/09/2014), salah satu ustadz di Jakarta, Hj. Rokip, mengatakan bahwa Shalat Tahajud itu luar biasa besar manfaatnya. Selain membuat hati menjadi tenang, pikiran pun bisa berjalan dengan nyaman dan tentram. Jika kita melakukan shalat tahajud, maka kita akan mengalami suatu meditasi dan relaksasi yang besar, yang mana hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kejiwaan seseorang.

Berikut ini beberapa keutamaan Shalat tahajud jika dilakukan dengan keikhlasan dan kekhusyukan :

  • Akan dilindungi Allah SWT dari bencana dan musibah
  • Akan dicintai oleh sesama manusia dan para hamba shaleh
  • Akan menjadi seseorang yang memiliki jiwa yang tenang sehingga tidak mudah stres
  • Akan dilapangkan jalannya
  • Akan menambah sistem kekebalan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit

Hj Rokip menuturkan juga bahwa selama ini banyak sekali orang-orang yang bercerita kepadanya dan mengisahkan pengalaman hidup ketika melakukan ibadah shalat tahajud dengan rutin. Dari semua cerita yang diterimanya, dia sangat takjub ketika mendengar berbagai pengalaman dan mukjizat yang telah diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang rutin dan ikhlas menjalankan shalat tahajud. (Deva Hikmah – sisidunia.com)