Home » News » Berita Korupsi Migas : Jero Wacik Ditetapkan Tersangka Oleh KPK

Berita Korupsi Migas : Jero Wacik Ditetapkan Tersangka Oleh KPK



Jakarta – Komisi Pemeberantasan Korupsi menetapkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik sebagai tersangka pada Rabu (3/9/2014). KPK menduga Jero Wacik melakukan tindakan pemerasan. Jero diduga melakukan tindak pidana korupsi terakit dengan pengadaan proyek di kementrian ESDM pada 2011-2013. Hal ini disampaikan Komisi Pemeberantasan Korupsi pada saat konferensi pres di gedung KPK yang di hadiri oleh wakil ketua Bambang wijayanto dan Zulkarnain serta Juru Bicara Johan Budi. Jero Wacik dijerat dengan pasal 12 huruf e jonto. pasal 23 jonto 421 KUHP. Pasal ini mengatur mengenai pasal pidana pemerasan. Dimaksudkan tersangka melakukan pemerasan untuk meningkatkan anggaran Kementrian yang dipimpinnya.
Berita Korupsi : Jero Wacik Ditetapkan Tersangka Pemerasan Pada Kementrian ESDM
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad sebelumnya menyebutkan, KPK menemukan adanya indikasi pemerasan terkait dengan proyek di Kementrian ESDM. Sebelumnya KPK telah menjerat Sekretariat Jenderal ESDM Waryono Karno terkait proyek pengadaan di Kementrian ESDM merupakan hasil pengembangan proses penyidikan di Kementrian ESDM. Komisi Pemberantasan Korupsi telah meminta keterangan dari Jero Wacik dan istrinya Triesnawati terkait hal yang sama. KPK menduga ada penyalahgunaan Dana Operasional Menteri (DOM), indikasi penyelewengan itu muncul setelah KPK menemukan adanya perintah dari Jero Wacik kepada Waryono Karno, saat masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal untuk memainkan anggaran di Kementrian ESDM.

Jumlah uang yang diduga sebesar 9,9 miliar rupiah terkait dengan kasus korupsi yang menimpa menteri ESDM Jero Wacik. Menteri asal bali tersebut telah dicekal keluar negeri.(fauji nur – sisidunia.com)