Home » News » Situs Panselnas: Banyak Pelamar CPNS Memilih Mendaftar di Instansi Pusat

Situs Panselnas: Banyak Pelamar CPNS Memilih Mendaftar di Instansi Pusat



Jakarta โ€“ Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 memang terbuka untuk instansi pusat ataupun daerah. Sayangnya beberapa pelamar saat ini masih ragu terhadap integritas dari pemerintah daerah terkait rekrutmen pegawainya.

Banyak Pelamar CPNS Memilih Mendaftar di Instansi Pusat

Walaupun memang untuk saat ini sistem yang digunakan sudah menggunakan sistem computer assisted test (CAT), namun banyak pelamar yang ragu masih ada peluang daerah untuk mempermainkannya. Salah satu pelamar CPNS yang bernama Via, mengaku lebih tertarik melamar untuk instansi pusat. Karena dirasa lebih objektif dan transparan, ungkpa Via kepada wartawan sisidunia, Senin (1/9).

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Rangga, seorang mahasiswa lulusan dari Universitas Padjajaran ini mengaku lebih memilih melamar di Kementerian Lingkungan Hidup daripada di daerah walaupun formasi yang disediakan jumlahnya relative sedikit.

Kedua pelamar ini mengaku apabila daerah dalam hal penyelenggaran seleksi rekrutmen pegawai-nya masih dapat memanipulasi hasil tes, terlebih lagi ada tes kompetensi bidang (TKB), dimana peluang ini dapat dimainkan datanya oleh pihak pemerintah daerah.

Baca juga:
Daftar CPNS 2014 Online: Berhati-hati Ketika Masukkan NIK Saat Melamar CPNS

Memang apa yang diungkapkan oleh Via aupun Rangga ini sangat beralasan. Terlebih lagi beberapa tahun belakangan memang banyak kasus untuk CPNS daerah diwarnai dengan kecurangan. Sehingga dengan adanya pendaftaran secara online terpusat dan tes dengan mengunakan sistem CAT masih belum dapat menyakinkan para calon pelamar terkait mekanisme rekrutmen yang ada di daerah. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)