Home » News » Daftar CPNS 2014 Online: Berhati-Hati Ketika Masukkan NIK Saat Melamar CPNS

Daftar CPNS 2014 Online: Berhati-Hati Ketika Masukkan NIK Saat Melamar CPNS



Jakarta – Tidak hanya kesulitan pada saat melakukan pendaftan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun juga banyak pelamar yang mengeluh bahwa nomer Induk Kependudukannya (NIK)-nya sudah digunakan, hal inilah yang saat ini banyak dikeluhkan kepada pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Berhati-Hati Ketika Masukkan NIK Saat Melamar CPNS

Dimana para pelamar mengaku sama sekali belum pernah melakukan pendaftaran melalui portal nasional, panselnas.menpan.go.id. Namun ternyata saat melakukan pendaftaran, dengan memasukkan nomor identitas dari system terungkap bahwa NIK sudah terdaftar, demikian dijelaskan oleh perwakilan Panselnas Arunanto pada Senin (1/9/2014).

Terkait masalah tersebut, Arunanto mengungkapkan bahwa kemungkinan besar banyak yang salah ketik NIK. Dengan demikian hal ini tentunya menjadi merugikan bagi pendaftar yang lain. Terlebih lagi para pendaftar hanya dapat melamar satu kali di satu instansi.

Dengan demikian pada saat identitas sudah terdaftar ke database panselnas, maka pendaftar sudah tidak dapat melakukan registrasi ke instansi yang lainnya. Sehingga jika sengaja ataupun tidak saat NIK yang dimasukkan adalah salah maka akan merugikan bagi pemilik NIK yang sebenarnya.

Sehingga ketika pemilik NIK yang sebenarnya melakukan pendaftaran, maka akan ditolak. Terkait hal tersebut saat ini pihak Panselnas sedang berusaha untuk mencarikan solusi. Dimana mereka akan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) dengan tujuan meminta seluruh data pengguna e-KTP yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini tidak lain bertujuan untuk melakukan pencocokkan identitas yang saat ini telah dimasukkan oleh para pendaftar dengan data diri yang ada di dalam database nasional. Perbaikan-perbaikan ini akan terus dilakukan dengan maksud untuk tidak merugikan bagi pelamar CPNS.

Sedangkan yang sudah mendaftar namun NIK nya dipakai oleh orang lain, pihak Panselnas memberikan solusi dengan menyerahkan ke pihak Dukcapil untuk dilakukan verifikasi. Sehingga jika ternyata NIK yang tercantum bukan pemilik yang asli akan dikoreksi, pungkas Arunanto. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)