Home » Gaya Hidup » 4 Minuman Penurun Kolesterol Seusai Lebaran

4 Minuman Penurun Kolesterol Seusai Lebaran



Jakarta – Tanpa terasa, Lebaran telah usai. Seluruh hidangan lezat khas lebaran pun habis tersantap. Mulai dari kue kue lezat yang mengandung banyak telur, hingga opor ayam yang bersantan. Kesemuanya bisa berdampak pada kadar kolesterol dalam darah yang meningkat.

minuman penurun kolesterol

Kadar Kolesterol yang berlebihan sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Bisa jadi usai merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta, kesehatan anda malah menurun drastis karena lemak jahat ini. Untuk mengatasinya, Sisi Dunia telah mengumpulkan 5 minuman yang dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol Jumat (01/08/2014).

1. Teh hijau

University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kandungan teh hijau mampu menekan kolesterol jahat yang ada dalam darah. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa kandungan polifenol pada teh hijau, mampu melapisi dan menghambat kolesterol terserap di usus kecil.

2. Jahe hangat

Selain berguna menurunkan kolesterol, Jahe hangat sangat ampuh untuk mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis adalah keadaan dimana pembuluh darah arteri mengalami pengerasan.

3. Delima

Selain teh hijau, buah Delima juga mengandung banyak polifenol. Selain itu kelebihan Delima adalah mempunyai zat antioksidan yang sangat tinggi. Dengan segala kandungannya, jus buah delima yang dikonsumsi secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 30%.

4. Jus sayur

Tak Hanya buah yang dapat anda buat minuman jus, perpaduan antara buah dan sayur juga dapat menjadi minuman ampuh melonggarkan pembuluh darah. Kombinasi dari Apel, wortel, brokoli dan jeruk bisa jadi minuman yang menyegarkan sekaligus bermanfaat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kol ungu, buah bit dan jeruk nipis dapat ditambahkan pula.
(Deni Suroyo – SisiDnia.com)