Home » News » Kabar Terbaru Gaza : Gencatan Senjata Israel-Hamas urung Terjadi

Kabar Terbaru Gaza : Gencatan Senjata Israel-Hamas urung Terjadi



Gaza – Aksi saling serang antara pihak militer pemerintah Israel dengan kelompok militan Hamas telah berlangsung selama 20 hari. Dan dalam rentang waktu itu jumlah korban warga sipil Palestina sudah mencapai angka sekitar 1.300 jiwa. Pada laporan terbarunya pihak Amerika Serikat dan PBB mengupayakan gencatan senjata penuh.
Kabar Terbaru Gaza Gencatan Senjata Israel-Hamas urung Terjadi
Akan tetapi aksi gencatan senjata secara total tersebut sampai saat ini urung terjadi. Sebab dari pihak Hamas dalam laporan terbarunya yang dilansir BBC, Kamis (31/07/2014), menolak dengan alasan pada klausul gencatan senjata itu terdapat syarat yang dianggap merugikan Hamas maupun Palestina dan menguntungkan pihak Israel.

“Kami tidak menerima gencatan senjata tanpa syarat. Takkan ada gencatan senjata tanpa penghentian agresi dan penghentian pengepungan,” ungkap Mohammad Deif selaku komandan sayap militer kelompok Hamas. Pada gencatan senjata penuh yang dimediasi Amerika Serikat beserta PBB memang terdapat syarat demiliterisasi Gaza.

Tak hanya itu saja, dalam klausul gencatan senjata tersebut dibumbui syarat pelucutan senjata kubu Hamas secara penuh namun tidak demikian dengan militer Israel (Israel ingin Hamas lakukan gencatan senjata tanpa syarat). Hal itulah yang tampaknya jadi ganjalan besar terjadinya proses perdamaian diantara keduanya dalam waktu dekat. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)