Home » Gaya Hidup » 6 Sumber Vitamin C Selain Jeruk

6 Sumber Vitamin C Selain Jeruk



Jakarta – Vitamin C memang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin C bertanggug jawab sebagai penjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus. Tetapi masyarakat awab seringkali hanya mengira bahwa konsumsi vitamin C secara alami hanya bisa didapatkan dari Jeruk.

makanan-yang-mengandung-vitamin-c

Dilansir dari healthmeup Kamis (31/07/2014), SisiDunia menyajikan 6 jenis makanan selain Jeruk yang kaya akan kandungan Vitamin C :

1.    Jambu biji
Tidak disangka sangka, selain khasiatnya yang bisa menaikkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah, Jambu biji ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Jika memakan 100 gr saja, 380%  kebutuhan vitamin C dalam sehari sudah bisa terpenuhi.

2.    Lobak
Umbi umbian putih ini daunnya kaya akan vitamin a, serta kalsium. Akar lobak memang sendiri per 100 gramnya dapat memenuhi 100% kebutuhan vitamin C dalam sehari.

3.    Paprika
Manfaat utama dari Paprika adalah untuk menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan darah. Tetapi buah ini ternyata mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Per 100 gramnya, konsumsi Paprika dapat memenuhi 4 kali lipat jumlah yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

4.    Brokoli
Tidak hanya sayur ini enak rasanya, tetapi Brokoli dapat mencukupi 149% kebutuhan Vitamin C per hari dalam setiap 100 gramnya.

5.    Beri
Rasanya yang manis asam membuat buah ini banyak digemari. Kandungan vitamin Cnya pun cukup tinggi. Dari 100 gram Strowberry yang dikonsumsi, dapat memenuhi kebutuhan 98 % vitamin C tubuh.

6.    Tomat
Tomat memang terkenal dengan kandungan antioksidannya yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Tetapi selain itu, konsumsi 100 gram dapat juga memenuhi 22% kebutuhan harian vitamin C dalam tubuh.
(Deni Suroyo – SisiDunia.com)